Headlines
Published On:10 September 2013
Posted by Admin

Cara Mengolah Kulit Manggis Yang Benar

Bagaiamana Cara  mengolah kulit manggis Yang Benar? Dalam mengolah kulit manggis akan terasa sangat mudah, jika kita paham dalam pengolahan akan mendapat khasiat dari kulit manggis tersebut. Ada beberapa cara dalam mengolah kulit manggis, baik itu sekedar untuk pencegahan ataupun mendapatkan khasiat untuk pengobatan terhadap berbagai penyakit. Sebelumnya mari kita ketahui apa yang terkandung dalam Buah Manggis tersebut.




Kulit buah mengandung senyawa Xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. XANthone juga terbukti mempunyai keunggulan mampu menjelajah seluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya.

Mari kita mulai cara mengolah kulit manggis
  1. Pisahkan buah dari kulitnya.
  2. Untuk memisahkan kulit kuar dengan kulit bagian dalam gunakan sendok, seperti anda memisahkan alpokat dengan kulitnya. Jika ingin mendapatkan lemak yang kaya sertakan biji manggis tersebut. 
  3. Jika belum cukup jumlahnya dapat disimpan  dalam lemari es. Jika sudah cukup campur ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 kemudian diblender.
  4. Kemudian diamkan selama 24 jam atau diendapkan.
  5. Lakukan penyaringan untuk memisahkan ampas dengan hasil ekstrak Xanthone kulit manggis.
  6. Langkah seterusnya panaskan dengan suhu 90-95 derajat celcius selama 10 menit, tujuannya untuk melarutkan ethanol yang dicampurkan tadi. 
  7. Agar terasa lebih enak, dapat dicampur dengan madu. Untuk memberikan aroma wangi bisa dicampur bunga rosela atau pewangi alami lainnya seperti apel dan anggur.
  8. Dinginkan dengan suhu kamar. 
  9. Ekstrak kulit manggis siap dinikmati.

JIka untuk pengobatan lakukan 9 langkah di atas. Namun apabila sekedar untuk pencegahan, anda disarankan mengkosumsi manggis atau membuat jus kulit manggis saja. Semoga cara mengolah kulit manggis diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

About the Author

Posted by Admin on 19.32. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Admin on 19.32. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Cara Mengolah Kulit Manggis Yang Benar "

Leave a reply