Headlines
Published On:10 November 2014
Posted by Admin

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

JEPANG adalah salah satu negara maju di Asia yang dikenal memiliki penduduk dengan harapan hidup tertinggi. Menurut data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), wanita Jepang menempati urutan pertama penduduk dengan angka harapan hidup tertinggi, yaitu 87 tahun.

Healthcareasia, seperti dilansir dari situsnya pada Senin (10/11/2014), mereka bekerja sama dengan Aetna untuk mengetahui semua rahasia dari gaya hidup masyarakat Jepang, dari rumput laut, mendaki gunung, hingga teori ajaran satu aliran Buddha Mahayana atau Zen.

Walaupun Anda tidak bisa menjadi orang Jepang, Anda tetap bisa mempelajari gaya hidup mereka untuk awet muda. Selain konsumsi makanan laut yang tinggi, berikut adalah beberapa rahasia umum mengenai gaya hidup sehat orang Jepang.

Waktu dan cara mandi yang baik

Waktu mandi adalah bisnis yang serius di Jepang. Sento atau onsen (pemandian umum dan sumber air panas) adalah tempat yang menjadi favorit orang Jepang di saat santai. Sekitar 85 persen orang Jepang mengakhiri hari mereka di kamar mandi, dan 128 juta orang mengunjungi pemandian umum di negara itu selama tahun 2010.

Pada awal abad ke-17, terdapat teks medis Jepang yang menggembar-gemborkan rendam panas sebagai cara untuk menangkal penyakit. Ilmuwan Jepang kini kemudian menegaskan bahwa, mandi di air sarat mineral dapat mengobati rematik, gangguan kulit dan neuralgia.

Kegiatan mandi dapat dijadikan sebagai meditasi harian Anda sekaligus untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan, dua pertiga dari orang yang bermeditasi mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan.

Ritual minum teh

Upacara minum teh adalah salah satu ritual dan tradisi yang telah dipelajari selama bertahun-tahun oleh masyarakat Jepang. Ritual ini memiliki konsep untuk menyingkirkan pikiran Anda dari kehidupan sehari-hari.

Meskipun ritual khusus minum teh merupakan bagian integral dari gaya hidup sehari-hari di Jepang. Kebiasaan ini menempatkan mereka di posisi sepuluh negara peminum teh, di atas tetangga mereka yang lebih besar, China. Teh hijau adalah jenis teh yang paling sering dikonsumsi, bahkan kata teh sendiri mengacu pada arti hijau.

Teh hijau tidak hanya nikmat, tapi juga memiliki keuntungan yang luar biasa. Penelitian telah menemukan hubungan teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker. Warga Jepang yang minum lima cangkir teh hijau per hari juga memiliki tingkat kematian yang lebih rendah, yaitu sebesar 26 persen.

Konsumsi bahan makanan fermentasi

Masakan Jepang kaya akan makanan fermentasi, dari tsukemono berwarna-warni, lauk acar, atau kecap yang rata-rata dikonsumsi setiap orang 1,8 galon per tahun. Demikian juga dengan kedelai, miso, dan pasta kacang natto semua dibuat melalui proses fermentasi.

Dalam proses fermentasi Jepang, agen jamur Koji bertindak mencerna sebagian makanan sebelum mencapai mulut manusia. Penelitian pun menunjukkan bahwa fermentasi tidak hanya memudahkan pencernaan, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Anda tidak perlu mengonsumsi makanan tersebut lebih dari beberapa porsi selama seminggu untuk manfaat lebih. Tambahkan pasta miso sebagai bumbu untuk masakan Anda cukup untuk menikmati kesehatan yang lebih baik dan rasa yang luar biasa.

Orang Jepang go green

Anda mungkin berpikir seluruh negara kepulauan tersebut ditutupi oleh kota-kota besar, padahal Jepang terbilang cukup hijau, terutama karena negara tersebut memiliki hutan hujan beriklim sedang.

Mengingat keindahannya negeri sakura tersebut, tidak mengherankan bahwa penghormatan warganya terhadap alam sangat mengakar pada kebudayaan Jepang. Pemerintah Jepang bahkan menyetujui kebijakan hari libur nasional ke-16, sebagai Hari Gunung, di mana warga bisa berlibur untuk pergi memanjat gunung.

Waktu yang dihabiskan di alam memberikan manfaat kesehatan yang serius. Hampir setiap organ dalam tubuh Anda adalah baterai untuk vitamin D. Jika Anda tidak mendapatkan cukup keajaiban unsur hara tersebut akan membawa Anda pada risiko kanker, gangguan autoimun, dan arthritis.

Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kognitif dan fungsi kreatif masing-masing 20 dan 50 persen.

(ren/okezone.com)

About the Author

Posted by Admin on 04.53. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Admin on 04.53. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Rahasia Umur Panjang Orang Jepang"

Leave a reply